Subscribe in a reader

Laman

Kamis, 17 Februari 2011

Agar Baju Kesayangan Awet

Merawat pakaian tak bisa sembarangan. Perlu trik agar pakaian kesayangan bisa tahan lama. 

Baju semahal apapun jika tidak dirawat dengan baik akan mudah rusak. Jika Anda memiliki baju kesayangan dan ingin membuatnya awet, perawatan yang tepat penting dilakukan.

Bukan hanya agar umur busana menjadi panjang, tetapi juga membuat Anda lebih hemat. Lakukan saja lima langkah berikut ini:

Cuci air dinginCucilah
busana menggunakan air dingin dan deterjen lembut. Hindari penggunaan pemutih, karena bersifat keras dan bisa membuat bahan mudah robek. Jika busana terbuat dari bahan lembut, sebaiknya cuci dengan tangan. Untuk busana berbahan berat seperti jins, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan mesin cuci.

Hindari pengeringPengering tak hanya bisa membuat kain mengerut, tetapi juga memperburuk serat kain. Gunakan cairan pelembut kain kemudian gantung di tiang jemuran. Cara lain, letakkan di alas datar sampai kering. Tidak hanya membuat pakaian tahan lebih lama, Anda juga menghemat biaya energi listrik.

Bersihkan noda segeraHilangkan noda yang menempel di busana segera mungkin. Makin cepat dibersihkan, makin mudah noda menghilang. Anda bisa menggunakan tisu basah terlebih dulu jika memang tidak bisa langsung mencari sabun untuk membersihkan.

Simpan busana dengan tepatGunakan gantungan yang dilengkapi busa empuk untuk pakaian berbahan ringan. Lalu, gunakan gantungan kayu untuk jas dan blazer. Untuk menghilangkan kelembaban dalam lemari, gunakan produk penyerap lembab. Pakaian bisa berjamur dalam kondisi lembab. 

Kurangi kontak parfumBahan dari parfum dan produk penataan rambut dapat merusak serat kain. Sebaiknya gunakan parfum dan produk penataan rambut sebelum Anda berpakaian. Ini untuk menghindari kontak langsung bahan kimia dengan serat kain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar